Posted by : Basir Bur Friday, May 8, 2015



Timika, salah satu daerah di wilayah paling timur Indonesia tepatnya di pulau Papua. Di sana gw pertama kali mengenal sepakbola, salah satu hobi yang paling gw gilai hingga detik ini.Pulang lewat pintu belakang dengan baju kotor penuh dengan lumpur sembari berjalan dengan begitu berhati-hati menuju kamar mandi dengan harapan orang rumah tidak tahu keadaan gw saat itu. Namun apa daya tetap saja gw ketahuan, bukan ibu atau ayahku yang memarahiku tetapi kakak gw dengan cubitan ala Jackie Chan dalam film " The Young Master " , perihnya sungguh menggugah selera. Tetapi keesokan harinya ceritanya pasti akan sama, sungguh membuat penonton kecewa dan bosan dengan kegiatan gw setiap hari.

 

Pertama gw mengenal sepakbola klub pertama yang gw idolakan adalah Arsenal, nah loh kok ? haha intinya waktu gw kecil gw hanya familiar dengan liga Inggris dan Liga Italia. Dan gw terpesona dengan seorang Thierry Henry sehingga gw mengidolakan Arsenal. Selang beberapa musim, gw kembali berpaling kelain hati tepatnya salah satu klub besar di liga Italia, yah Juventus dan gw menyukainya gara-gara seorang pemain yang kuat dan petarung bernama Pavel Nedved. Nah sekian untuk pengantarnya, langsung ke inti cerita atau pembahasan gw.

Kenapa gw lebih memilih barcelona ? yah kembali karena seorang pemain yang akhirnya gw jadiin pemain idola gw sepanjang masa, dia tak lain dan tak bukan ialah seorang penyihir bernama Ronaldo de Assis Moreira atau lebih dikenal dengan nama Ronaldinho. Pemegang 2 kali Balón d'Or ini mengantar gw untuk mencoba lebih mengenal Barcelona, meski gw sudah mengenal Barcelona jauh sebelum Ronaldinho menari-nari di Camp Nou, tapi hanya Dinho lah yang mampu meyakinkan gw untuk kembali berpaling dari Juventus. Dan hingga detik ini gw mencintai FC Barcelona, dan untuk selamanya. #Eaaa


Sedikit cerita dulu, terlihat dari gambar di atas terlihat apakah ada yang aneh ? hah ? senyumnya ? wahaha . yah dari kostum nya tampak dibagian dada terlihat kosong tanpa coretan selain logo Barcelona dan logo Nike, yah itu salah satu alasan gw menyukai Barcelona. Oke gw singgung juga alasan-alasan lain point per point :

  1. Terlihat dari motto Barcelona " Mas Que Un Club " yang berarti bukan sekedar klub, jadi sejak dahulu Barcelona sangat tidak ingin disentuh oleh yang namanya politik dan juga Barcelona juga merupakan bagian dari sebuah perlawanan rakyat katalan yang mencoba melawan penjajahan Spanyol. Jadi sejak dahulu Barcelona besar dengan dana dari uang komunitas dan juga dari hasil pertandingan, hingga akhirnya tahun 2006 untuk pertama kali Barcelona menghiasi kostumnya dengan sponsor yaitu UNICEF, eits... tapi ini berbeda karena bukannya Barcelona yang mendapatkan dana dari sponsor melainkan malah Barcelona yang memberikan sebagian pendapatannya untuk Unicef sebagai badan PBB untuk anak-anak. Jadi bisa dikatakan sebagai kerja sama, bukan sponsor. Dan akhirnya pada tahun 2011 Barcelona dengan resmi menggunakan sponsor yaitu Qatar Foundation, tapi tunggu dulu, Qatar Foundation adalah yayasan yang bergerak untuk memajukan pendidikan, pengetahuan ilmiah, riset, dan juga pengembangan komunitas negara-negara arab. Jadi Barcelona juga tidak asal memilih sponsor, dan hebatnya lagi sponsor ini adalah sponsor terbesar yang mengalahkan semua sponsor klub di seluruh dunia, hanya MU dan Liverpool yang mampu mendekatinya.
  2. Messi, tentu sangat-sangat erat dengan yang namanya Barcelona. Dia adalah alien dan dia yang terbaik sepanjang masa, gw sangat yakin bahwa tidak akan ada yang bisa mengalahkan prestasinya dengan bakat alaminya.Btw familiar gak dengan celotehan para haters seperti " Messi hebat karena bermain di satu liga ajah", oke gw bahas . Biasanya gw pengen meluk orang-orang yang suka bilang gitu, karena kasihan mereka gak pernah menonton UCL tempat dimana bertemunya juara-juara Eropa. Dia gak tau kalau messi merupakan salah satu top skor sepanjang masa UCL ( sekarang masih kejar-kejaran dengan saingannya ). Messi beberapa kali mempecundangi juara dari liga-liga eropa, so masalahnya dimana ? pemain yang loyal itu juga susah loh. Biasanya ada lagi celetukan yang bilang " messi hebat karena teman-temannya di Barcelona ", oke gw bahas. Coba search di youtube dengan keyword Messi king dribbling atau king dribbling ajah deh, pasti hasilnya dominan Messi meski ada sang pesaingnnya juga, tapi lihat menitnya sebagian besar video messi memiliki durasi yang panjang ketimbang pesaingnya jadi kasarnya yang bikin video punya banyak bahan untuk messi ketimbang pesaingnya.Untuk pribadi, bisa kita ambil kesimpulan dari cara Messi Celebration yang meski sangat emosional tapi tetap menunjuk ke arah langit yang mengartikan Messi tetap mengingat Tuhannya. Dan untuk dunia percintaan, so sweatnya messi berpacaran dengan teman masa kecilnya dan telah di karuniai seorang putra. Btw tradisi eropa beda yah dengan adat ketimuran, jadi wajar punya anak sebelum menikah.
  3. Barcelona besar karena sejarah, terkadang banyak yang bilang barcelona itu team 2000an, haha iyah sih Barcelona kembali menggila sekitar tahun 2004an lah kira-kira, tapi bukan berarti barca jaman dulu gak ada apa-apanya. Sangat banyak pemain hebat yang pernah main di Barcelona. Beberapa pemain hebat yang pernah main di Barca ialah Johan Cruyff, Maradona, Romario, Ronald Koeman, Gary Lineker, Ronaldo, Rivaldo, Josep "Pep" Guardioal, Figo, Ronaldinho, Messi, Henry, Ibrahimovic, Neymar, dan masih banyak lainnya. Dan pastinya kita tidak bisa menyepelekan Akademi La Masia , tempat lahirnya bintang Barcelona diantaranya seperti Puyol, Xavi, Iniesta, Pique, Fabregas, dan pastinya Messi.
PART 2 nya next time.............

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © ACHIECUY - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -